Thursday, July 5, 2012

Cara Membuat Boot USB Meski BIOS Tidak Support



Sobat mempunyai komputer lama alias jadul pengen menginstall ulang pake USB tapi BIOS tidak support, jangan bersedih dulu mungkin artikel kali ini akan sedikit membantu. Silahkan baca dari awal.


Biar Komputer lama bisa booting pake USB. Sedikit pengalaman dari saya, karena PC dirumah masih Pentium 3 933Mhz, Bios yang ada ternyata gak support ketika saya mau instal windows via usb..


Gimana caranya?? hmm..setelah sekian lama browsing2, masuk sana masuk sini..Alhamdulillah..ketemu caranya biar USB Flashdisk bisa dibooting ama si Bios...


Begini caranya :
1         Niat dan yakin akan berhasil
2         Download Aplikasinya terlebih dahulu disini
3         Extract download-an tersebut,kemudian copy file plpbt.bin dan plpgenbtldr.exe ke folder c:\plop (jika belum ada bikin folder terlebih dahulu)
4         masuk ke dos, klik start->run, ketik cmd ,lalu oke (kalo udah keluar jendela baru kita namakan "dos" gan, setuju...)
5         Nafas dulu,..ngopi-ngopi dulu...
6         lanjut, pada dos ketikan cd/plop then tekan enter ...
7         ketikan plpgenbtldr tekan enter,maka akan didapat informasi dan perhatikan akan ada tulisan plpbtldr.bin created", jika belum ulangi dari langkah 1
8         kemudian, Untuk Windows XP, edit file boot.ini menggunakan notepad (file ini biasanya di root drive c:\) lalu tambahkan : c:\plop\plpbtldr.bin=Start PLop Boot Manager, ubah timeout=30 (jika timeout=0)
9         Restart Komputernya
Waktu mau masuk windows bakal ada pilihan:
o    Microsoft Windows XP
o    Start Plop Manager
10     Pilih Start PLoP Boot Manager, lalu akan muncul berbagai pilihan dan kitapilih "USB"
11     So,USB pun akan ke booting....

Silahkan dicoba..
InsyaAllah berhasil
Sekedar menambahkan, untuk CPU dg kondisi lain (Memiliki CDRoom tp tdk support Boot dari Flasdisk) ada solusi supaya bisa booting dari Flasdisk:

1. Download PLPBT_5.0.10
disini
2. Extract file hasil download
3. Burn plpbt.iso ke CDR
4. Masukan CD yg sudah dibuat dan Flasdisk boot
5. Boot dulu dari CD kemudian ada pilihan boot dari USB

Selamat mencoba!"simple is beautiful"


No comments:

Post a Comment